Sistem komputer merupakan sistem yang kompleks. Berbagai permasalahan yang muncul disaat menggunakan
sistem operasi dapat merupakan kombinasi masalah yang dapat berasal dari
perangkat keras, aplikasi dan konfigurasi.
Kegiatan menganalisa permasalahan, menentukan
penyebab dan mencarikan solusi terhadap masalah yang ditemukan merupakan
rangkaian proses yang dikenal dengan nama troubleshooting.
Bug merupakan
salah satu bentuk kesalahan yang ditemukan dalam aplikasi ataupun
perangkat keras. Bug ini biasanya dapat diketahui saat aplikasi atau perangkat
digunakan, dengan menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Bug ini dapat terjadi
karena adanya kesalahan logika dalam
membuat program ataupun input yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh
aplikasi atau perangkatnya. Efeknya bisa terjadi hang, aplikasi / perangkat
tidak dapat merespon interaksi user, atau crash, aplikasi akan menutup sendiri.
Selain karena kesalahan logika dan input, bug juga
dapat terjadi karena ada ketidaksesuaian komunikasi data antara aplikasi dan
perangkat keras. Hal ini bisa terjadi dikarenakan oleh adanya update/upgrade
dari aplikasi atau perangkat yang tidak dapat diterima satu sama lain. Isu ini
biasa dikenal dengan istilah kompatibilitas. Kompatibilitas menyatakan seberapa
baik suatu aplikasi/perangkat dapat berkomunikasi dengan aplikasi/perangkat yang ada.Secara
aplikasi sistem operasi melakukan perbaikan diri melalui update dan upgrade.
Dari proses inilah berbagai bug yang ditemukan pada program maupun driver dapat
diperbaiki.
Kegiatan Troubleshooting
Kegiatan pertama dalam troubleshooting adalah
menentukan sumber
masalah.
Salah satu teknik untuk pencarian masalah ini adalah dengan
menggunakan metode kuesioner. Dengan metode ini
kita membuat
serangkaian pertanyaan yang dapat diajukan kepada
user. Berikut ini
merupakan beberapa urutan pertanyaan yang dapat
diberikan untuk
menemukan penyebab masalah.
----- tabel
Jawaban-jawaban pada pertanyaan diatas nantinya
dapat digunakan untuk
menentukan berbagai kemungkinan sumber masalah pada
komputer tersebut.
Berikut ini merupakan beberapa permasalahn umum
yang sering terjadi
beserta penyebab masalahnya.
--- tabel beberapa masalah yang sering dialami
sistem komputer
Dari perkiraan sumber masalah yang dihasilkan,
gunakan langkah ke-3 berikut
ini untuk menentukan sumber utamanya.
Apabila dari langkah-langkah diatas sumber utama
masih belum ditemukan.
Gunakan langkah ke-4 berikut untuk menganalisa permasalahan secara lebih
menyeluruh.
--- tabel
beberapa sumber informasi untuk melakukan perbaikan
Apabila telah berhasil menemukan solusi dari
permasalahan yang ditemui.
Dokumentasikan perbaikan yang telah dilakukan
menggunakan langkah
berikut.
----- langkah pendokumentasian hasil perbaikan
Dokumentasi ini merupakan salah satu cara untuk
menyatakan pengalaman
seseorang dalam bentuk nyata, tertulis. Sehingga
memudahkan, apabila
nantinya ada permasalah serupa yang terjadi.
---- tabel beberapa permasalahan sistem operasi
beserta solusinya
0 komentar:
Posting Komentar